Merasa


Al-Utsmani, salah satu lembaga Quran yang sangat direkomendasikan untuk memparbaiki bacaan Quran.

Salah seorang guru tahsin saya sebelumnya berkata, “Saya di kampung juara terus baca Quran, ketika ke kota dan mengunjungi salah satu lembaga Quran yang terpercaya, malah saya disuruh pulang kampung ‘Belajar lagi sana!’, kata pengajar di lembaga itu”.

Di Al-Utsmani ini saya merasakan apa yang guru saya rasakan. Kali ini saya diajar Ustadz SB, salah satu pengajar yang ‘legend‘ di sini. Hampir setiap ayat yang saya lafalkan salah dan saya merasa terintimidasi, bagaimana tidak, saya merasa apa yang saya bacakan sudah sesuai, bahkan mendekati apa yang ada di rekaman murotal dan guru ngaji saya sebelumnya juga tidak terlalu banyak protes, apa Ustadz SB justru yang salah(?). Saat dijelaskan, beliau menjelaskan dengan sangat-sangat rinci, sifat, makhraj, hukum, bahkan nama-nama hukum beliau ‘bedah’ sampai akarnya. Semua penjelasannya membuat kami melongo.

“Kalau kamu belum bisa membedakan antara suara A dan suara B, maka telinga kamu belum sensitif”

Kenyataannya suara A dan B hampir tidak bisa dibedakan -_-

“Ingat, jangan merasa disalahkan, Anda sebenarnya sedang dibetulkan, banyak murid yang merasa benar padahal mereka salah, saya juga pernah menjadi murid dan pernah juga mengalami kondisi keras kepala seperti itu, mereka yang merasa benar menutupi diri mereka dari ilmu, jadi jangan merasa benar, merasa.. merasa.. merasa, tapi harus memang benar benar benar, itu sebabnya belajar agama itu ngga cukup pake perasaan, harus dengan ilmu yang benar dengan dibimbing guru”.

Oke, Ustadz SB sepertinya bisa membaca pikiran saya yang agak ngotot(?). Maafken Ustadz 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s