Kepemimpinan Ala Nabi


Tugas pemimpin profetik adalah untuk memimpin ke penghambaan kepada Allah.

“Allah telah mengirim kami untuk mengeluarkan siapa  yang Dia kehendaki dari penghambaan kepada hamba menjadi penghambaan kepada Allah, dan dari sempitnya dunia menuju keluasan dunia-akhirat, dari penyimpangan agama-agama yang ada menuju keadilan Islam.”

(Rubai bin Amir kepada Panglima Persia, Rustum)

Pemimpin profetik itu harus seorang yang berilmu, kuat, amanah (Al-Baqarah:247, Yusuf:22, Al-Anbiya’:79, Al-Qashas:26), memiliki daya regenerasi (Al-Baqarah:124) dan segala tindakannya dilandasi ketaqwaan.

Kalau kamu meyakini bahwa Tuhan kita bukanlah patung yang bisu, bukan matahari yang bisa terbit lalu terbenam, bukan bulan yang purnama lalu meredup, bukan sesuatu yang bisa terlelap dan fana. Kalau kamu meyakini bahwa agamamu, apa yang menjadi panduan hidupmu itu benar adanya, maka sampaikan dan tanamkan keyakinan itu pada anak-anakmu, seluruh keluargamu, seluruh orang yang kamu cintai.

Sering terdengar suatu kalimat kebanggaan, bahwa “Orang tua saya begitu demokratis, ia sangat terbuka, ia membiarkan saya memilih keyakinan saya sendiri.”, 

apakah itu sesuatu yang perlu dibanggakan?

Ketika orang tuamu membiarkan pikiranmu liar dengan dalih “demokratis” atau “terbuka”, maka sesungguhnya ia tidak memiliki kepercayaan diri atas apa yang dia yakini, dia tidak menemukan hal yang membuatnya bulat menetapkan apa yang diyakininya saat ini. Lebih dari itu, apakah sikapnya itu sebagai bentuk kasih sayangnya kepada kamu? Bukan, itu adalah bentuk ketidakpedulian. Ia tak peduli akan pedoman hidupmu dan ia tidak peduli akan kehidupan setelah kematianmu, ia tidak peduli apakah engkau masuk surga yang tenang, atau neraka yang penuh kegaduhan.

Jangan sampai keturunan kita hanya menjadi anak biologis kita tapi bukan anak ideologis kita.
Bachtiar Firdaus

Referensi:

Prophetic Leadership, Bachtiar Firdaus

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s