Validasi Konsumen dengan Customer Discovery


Peraturan:

  1. Jangan melakukan pitching, fokuslah untuk mendengarkan, bukan menjelaskan ide Anda.
  2. Mana periode waktu yang paling tepat untuk didiskusikan? apakah masa lalu, masa kini atau masa yang akan datang? Jangan katakan, “Jika Anda memperoleh ini apakah Anda akan terbantu? Jika ada layanan ini apakah.. apakah.. apakah”. Jangan katakan hal itu karena akan percuma. Anda hanya membuat mereka berasumsi.

Pertanyaan yang sebaiknya ditanyakan:

  1. Coba ceritakan pada saya saat terakhir kali Anda _______
  2. Apa saja yang menjadi kendala?
  3. Kenapa itu menjadi kendala?
  4. Bagaimana cara Anda mengatasinya saat ini?
  5. Apakah cara itu sudah baik? kalau belum, kenapa itu belum begitu baik?

Yang harus diperhatikan saat melakukan penelusuran:

  1. Perhatikan emosi responden, marah, kesal, kecewa, senang.
  2. Gunakan 5-why, tanyakan kenapa? kenapa? kenapa? kenapa? kenapa? sampai 5 kedalaman. Hal ini akan mengantarkan pada masalah utama yang dihadapi konsumen.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s