Jangan Salah Arah


Setelah kamu selesaikan studi, maka lebih banyak pembelajaran yang didapat, apalagi jika kamu memutuskan untuk menggeluti bidang yang memang penting, bukan sekedar sesuai passion.

ya, bukan sekedar sesuai passion, karena passion yang keliru bisa jadi sebagai bentuk pemborosan hidup. Anggaplah jika passionmu adalah di bidang gambar menggambar dan menggeluti bidang pembuatan tato untuk lampiaskan hoby menggambarmu. Apakah itu bermanfaat? mungkin bermanfaat untuk sekelompok kecil penyuka seni rias tubuh, tapi apa dampaknya besar? apa lebih penting menggambar tato jika masih banyak bocah-bocah yang kelaparan? apakah masih penting habiskan diri berlama lama melukis tubuh sedangkan sampah kota masih menumpuk?

Tentu ada manfaatnya, tapi — kecil. Kamu dibuat sebagai sebuah pedang untuk menebas keangkuhan, tapi memilih untuk memotong rumput ilalang.

Bagaimana kalu ketertarikanmu akan seni ditempatkan pada kanvas yang lebih penting? Kamu bisa bantu percantik poster gerakan pemberian bantuan fakir miskin. Kamu bisa rancang bangunan dan menata kota sehingga selain fungsional juga memiliki nilai estetis lebih. Kamu juga bisa mengekspresikan lukisanmu untuk memberikan sindiran halus kepada mereka yang masih tak mau bergerak dan lebih memilih diam.

Ini bukan hanya berlaku tentang lukisan. Ini berlaku untuk setiap minat yang kau perjuangkan. Jangan salah arah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s