Suatu waktu,
Suatu waktu, orang – orang ini kan berbicara tentangku, hutang – hutangku, sikap burukku, amalan – amalanku.

Suatu waktu, mereka kan bercerita tentang betapa congkaknya aku, saat berbicara, mengkritik, memberi nasihat.

Suatu waktu, mereka kan berbicara tentang betapa angkuhnya aku, kasarnya perlakuanku pada mereka yang kuanggap bertingkat di bawahku.

Suatu waktu, mereka kan berbicara tentang betapa tak adilnya aku dalam berbagi, betapa berat sebelahnya aku saat menimbang.

Suatu waktu mereka kan bicara tentang betapa kikirnya aku, sulitnya tangan ini untuk memberi.

Suatu waktu, mereka kan berbicara tentang lisanku yang tajam, betapa nyrocosnya aku saat bersenandung tentang aib saudara – saudaraku.

Suatu waktu, mereka kan bicara tentang betapa tak pedulinya aku atas kesusahan – kesusahan mereka. Dingin, tak acuh, berpaling muka.

Suatu waktu, mereka kan menagih pinjaman – pinjamanku, menuntut janji – janjiku, mencela akhlak burukku, menatap kesal dan marah ke arahku, menyumpahiku, memakki – makiku dan memohon keburukkan atasku.

Suatu waktu, diri ini tak bisa lagi mengelak, tak ada lagi cara tuk lakukan pembenaran, karena yang mereka sampaikan memang benar adanya. Yang ada hanya wajah tertunduk malu, yang ada hanya tubuh lemas tak berdaya, yang ada hanya deras air mata sesal. Kalaulah ada cara tuk benamkan diri, ingin rasanya terbenam ke kedalaman yang tak lagi bisa dijangkau.

Suatu waktu, diri ini terpaksa memelas wajah, mencoba meminta maaf, tapi mereka kan sama tak acuhnya terhadap kesulitanku, seperti tak acuhnya aku terhadap kesulitan mereka di waktu dulu.

Dan pada suatu waktu itu, kuharap aku bukanlah aku.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s